Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugesti Dengan Menggunakan Metode Pengaliran Image (IMAGE STREAMING) Pada Siswa Kelas VIIA UPTD SMP Negeri 3 Kota Kupang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugesti Dengan Menggunakan Metode Pengaliran Image (IMAGE STREAMING) Pada Siswa Kelas VIIA UPTD SMP Negeri 3 Kota Kupang Tahun Pembelajaran 2022/2023

XML

Fokus penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi sugesti dengan metode pengaliran image (image streaming) pada siswa kelas VIIA UPTD SMP Negeri 3 Kota Kupang tahun pembelajaran 2022/2023?. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi sugesti dengan metode pengaliran image (image streaming)pada siswa kelas VIIA UPTD SMP Negeri 3 Kota Kupang tahun pembelajaran 2022/2023. Teori yang digunakan yaitu teori belajar konitif dan teori belajar ausubel, penelitian ini menitikberatkan kepada kemampuan berpikir yang dimiliki seorang individu/ masing-masing siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memilih materi tentang teks prosedur dengan mengembangkan KD 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Karangan Narasi merupakan karangan cerita yang menyajikan serangkaian kejadian dan disusun secara kornologi sesuai urutan waktu. Jenis karangan narasi yang digunakan adalah narasi sugestif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif Siswa Kelas VIIA UPTD SMP Negeri 3 Kota Kupang dengan memperhatikkan struktur dan kaidah kebahasaan karangan narasi sugestif dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa yang sudah mencapai 76% mampu menulis karangan narasi sugestif dengan capaian nilai berkisar dari 65-100. Hasil presentase siswa yang tuntas atau melampaui KKM berjumlah 19 orang dengan presentase ketuntasan sebesar 76%, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 orang dengan presentase 24%.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Narasi Sugestif, Kognitif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AWANDA ASNAWATI MALELAK - Personal Name
Student ID
1901010094
Dosen Pembimbing
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Margaretha Djokaho - - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 MAL K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA