Penggunaan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya Terhadap Teks Deskripsi

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya Terhadap Teks Deskripsi

XML

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya Terhadap Teks Deskripsi”, disusun oleh Enjel Ufanti Nunuhitu, 2023. Dibimbing oleh Dr. Labu Djuli, M.Hum selaku pembimbing I dan Drs. Semuel H. Nitbani, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini disusun untuk menjawab masalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik (SQ3R) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya Terhadap Teks Deskripsi. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik (SQ3R) dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan teknik (SQ3R) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya Terhadap Teks Deskripsi. Manfaat yang didapat dalam penelitian ini berupa manfaat teoretis dan manfaaat praktis. Secara praktis hasil penelitian ini dapat memberikan informasi dan membantu peneliti serta pembaca mengenai cara-cara untuk mengupayakan keefektifan penggunaan teknik (SQ3R) dalam membaca pemahaman. Teori yang digunakan adalah teori Behavioristik. Teori Behavioristk adalah teori yang mempelajari perilaku manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang prosedur penelitiannya menghasilkan data berupa angka-angka dan analisis statistik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer atau data yang diperoleh secara langsung yaitu dilakukan dengan cara membagikan angket kepada peserta didik secara langsung ditempat penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan observasi untuk memperoleh data sistem pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Rote Barat Daya melalui penerapan metode SQ3R. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkann dengan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran membaca pemahaman menggunakan SQ3R. Peningkatan memampuan membaca pemahaman ditunjukkan dengan siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai bacaan, siswa mampu menceritakan kembali isi teks bacaan yang telah dibaca, dan siswa mampu mengidentifikasi kata yang belum dipahami artinya dan kata benda yang terdapat didalam bacaan. Kemampuan membaca pemahaman siswa SMP Negeri 3 Rote Barat Daya mengalami peningkatan pada tindakan siklus I dan pasca tindakan siklus II. Peningkatan nilai rata-rata pada hasil pra tindakan adalah 35, hasil tes pasca tindakan siklus I adalah 76.7 dan hasil tes pasca tindakan siklus II adalah 82.4.

Kata kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Rote Barat Daya, Metode SQ3R


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ENJEL UFANTI NUNUHITU - Personal Name
Student ID
1901010022
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 NUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA