Analisis Makna Marga Dalam Ritual Adat Kaus Nono Di Desa Neke, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Makna Marga Dalam Ritual Adat Kaus Nono Di Desa Neke, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Ritual Adat Kaus Nono dan bagaimana proses pelaksanaan Ritual Adat Kaus Nono serta mendeskripsikan makna penurunan marga dalam Ritual Adat Kaus Nono di Desa Neke, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah masyarakat adat dan juru bicara perkawinan adat masyarakat di Desa Neke.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ritual Adat Kaus Nono di Desa Neke, masih sangat kental dilaksanakan sebagai wujud menghormati tradisi adat leluhur orang meto. Proses pelaksanaan ritual adat Kaus Nono dilaksanakan oleh pasangan pengantin yang telah memenuhi syarat. Dimana telah meneyelesaikan rangkaian tahapan perkawinana adat orang meto yang dimulai dari peminanagan, adat dan pemberkatan hingga resepsi. Selain itu Kaus Nono dapat dilaksananakan jika keturunan dari mempelai yang akan melaksanakan ritual telah menyelesaikan ritual terlebih dahulu. Makna ritual adat Kaus Nono bagi orang meto bukan melepaskan anak perempuan yang telah berstatus istri dari klannya tetapi hanya melepaskan perempuan dari tradisi adat leluhurnya dan memberikan kebebasan agar perempuan dapat masuk dalam klan suami dan siap menerima tradisi adat leluhur dari klan suaminya. Perempuan yang tidak melaksanakan Kaus Nono dipercaya orang meto
akan mendatangkan malapetaka bagi rumah tangganya karena dianggap asing oleh leluhur klan suaminya dan tidak dapat menjalani tardisi adat leluhur klan suaminya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rinto Dangga Mesa - Personal Name
Student ID
1901070132
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Esa A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA