Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VIIC MTS Negeri Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VIIC MTS Negeri Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII MTS Negeri Kupang yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik TTW dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik TTW. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan teknik asosiogram dalam meningkatkan kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTS Negeri Kupang.
Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa teknik TTW, dan variabel terikat yang berupa kemampuan menulis teks fabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Negeri Kupang. Sampel penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis fabel. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired sampel t test, uji paired independen sampel t test dan gain skor. Hasil uji sampel t test pada skor pretest eksperimen dan posttest kelas eksperimen diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, dan nilai thitung 16,051 > dari nilai ttabel yaitu 1,699 pada taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwasannya ada perbedaan rata-rata hasil belajar menulis teks fabel untuk pretest kelas eksperimen dengan posttest eksperimen. Sedangkan pretest kelas kontrol dengan posttest kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, dan nilai thitung 6,383 > dari nilai ttabel yaitu 1,699 pada taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwasannya ada perbedaan rata-rata hasil belajar menulis teks fabel untuk pretest kelas kontrol dengan posttest kontrol. Dengan demikian terdapat perbedaan antara kelas yang diajar menulis teks fabel menggunakan teknik TTW dengan yang tidak menggunakan teknik TTW. Berdasarkan hasil uji independen paired sampel t test diketahui bahwasannya terdapat perebdaan rata-rata pada kelas posttest eksperimen dan kelas posttest kontrol. Pada kelas posttest eksperimen yang menggunakan teknik TTW nilai rata-rata mencapai 78,60 sedangkan pada kelas posttest kontrol yang tidak menggunakan teknik TTW nilai rata-rata hanya mencapai 61,17. Jadi dapat disimpulkan hipotesis Ha diterima dan Ho. Gain skor kelas eksperimen lebih tinggi 15,7 dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 8,17. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teknik TTW terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks fabel siswa kelas VII MTS Negeri Kupang.

Kata Kunci: , Teknik Think Talk Write, Hasil Belajar, Menulis Teks Fabel


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HAPPY TRINANDINI ARYANI - Personal Name
Student ID
1901010121
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Margaretha Djokaho - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Margaretha Djokaho - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 ARY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA