PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KRISTEN 2 SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KRISTEN 2 SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII menggunakan model pembalajaran Numbered Head Together pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 dan 31 Januari 2023 di SMP Kristen 2 Soe.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas melalui beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji aktivitas peserta didik, dan hasil belajar.
Dari hasil analisis data pada siklus I , rata-rata kelas pada aktivitas peserta didik mencapai 31,85 dengan presentase 63,7% dan pada siklus II rata-rata mencapai 3,70 dengan presentase 74,1%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I rata-rata mencapai 3,2 dengan presentase 80% dan pada siklus II rata-rata 3,81 dengan presentase 95,25%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 46,68 dengan presentase 63,17% dan pada siklus II rata-rata meningkat hingga 83,33 dengan presentase 70,50%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci :Numbered Head Together, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuyun Lusiana Toh - Personal Name
Student ID
1801040066
Dosen Pembimbing
Drs. Mario J. Santrum, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Dra. Angela Gabriela Lika, M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Toh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA