Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 1 AMARASI BARAT
XMLPenelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekargaman hayati kelas X SMAN 1 Amarasi Barat. Telah dilaksanakan pada tanggal 17 Januari – 17 Februari 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekargaman hayati kelas X SMAN 1 Amarasi Barat.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Yang mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampel, dengan instrumen yang digunakan yaitu soal piliham ganda. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest-postest dari kedua kelas tersebut data ini pun dianalisis secara kuantitatif dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati rata-rata hasil siswa yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan menyusun strategi dan taktik pada rata-rata pretest yaitu di kelas eksperimen 44,83 dan kontrol 35,00 yang mana berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada postest kelas eksperimen rata-ratanya 81,16 yang berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 60,66 berada pada kategori sedang, didukung oleh hasil uji hipotesis yaitu t-test didapati hasil 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekargaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Hal tersebut terjadi karena pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas eksperimen siswa dituntut lebih aktif dan mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya namun pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dimana model ini hanya berpusat pada guru sehingga siswa pun belum terlihat aktif dalam pembelajaran.
Kata kunci: Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Karolina Peni - Personal Name
|
Student ID |
1801040060
|
Dosen Pembimbing |
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 1 Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Pen P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |