Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Resensi Buku Siswa Kelas XI SMAN 1 Kefamenanu Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Resensi Buku Siswa Kelas XI SMAN 1 Kefamenanu Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping

XML

Penelitan ini berjudul Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Resensi Siswa SMAN 1 Kefamenanu dengan menggunakan Metode Mind Mapping, yang ditulis oleh Priska Kusuma Wardani Napa Maol, 2023. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Alex Djawa, M. Hum selaku Pembimbing I dan Margareta P.E. Djokaho, S. Sn., M. Pd selaku Pembimbing II. Analisis Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Resensi Buku Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kefamenanu dengan menggunakan Metode Mind Mapping dilakukan dengan rumusan masalah “Bagaimana meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Resensi Buku Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kefamenanu dengan menggunakan Metode Mind Mapping?” dan bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Resensi Buku Siswa Kelas XI SMAN 1 Kefamenanu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pembelajaran Kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI SMAN 1 Kefamenanu yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Data yang disajikan dalam penelitian ini diperoleh langsung oleh peneliti dari tes unjuk kerja siswa. Ada dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) data observasi guru dan siswa dan (2) data hasil tes menulis. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal dalam tahap prasiklus 7,14%, dilanjutkan pada siklus I meningkat menjadi 46,42% dan pada siklus II mencapai 89,28% . Berdasarkan pencapaian tersebut, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari persentase hasil observasi tindakan guru yang meningkat pada siklus II 94,33% dari 71,6%. Sedangkan hasil observasi belajar siswa juga meningkat dari siklus I dengan persentase 70% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan Kemampuan menulis teks resensi buku pada siswa kelas XI SMAN 1 Kefamenanu telah berhasil diterapkan.

Kata kunci : Menulis, Teks, Resensi Buku, Mind Mapping


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901010019
Dosen Pembimbing
ALEX DJAWA - 196108051993031001 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 1
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 MAO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA