Evaluasi Keserasian Sumberdaya Lahan Tambak Garam Acuan Geografi Di Desa Magekapa Kecamatan Maukaro Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Keserasian Sumberdaya Lahan Tambak Garam Acuan Geografi Di Desa Magekapa Kecamatan Maukaro Kabupaten Ende

XML

Tujuan penelitian ini adalah: (1)mengevaluasi karakteristik kualitas sumberdaya lahan tambak garam di daerah penelitian, (2) mengevaluasi kelas keserasian atau kesesuaian sumberdaya lahan tambak garam di daerah penelitian, dengan acuan geografi, (3) menganalisis faktor pembatas sumberdaya lahan tambak garam di daerah penelitian. Penelitian dilakukan di Desa Magekapa, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi, difokuskan pada kebijakanspasial, yaitu keselarasan atau kesesuaian sumberdaya lahan untuk tambak garam, dengan acuan geografi.Populasi dalam penelitian ini adalah sumberdaya lahan tambak garam seluas 8 hektar. Sampel area ditentukan secara sengaja pada area sumberdaya tambak garam yang telah digarap petambak garam, sebanyak lima area tambak garam. Dari lima area tambak garam tersebut, dilakukan field study, untuk diidentifikasi setelah dilakukan pengukuran terhadap parameter bentuk lahan marina aspek kemiringan lereng, beberapa parameter tanah, parameter tata air, parameter laut tepi pantai, dan parameter iklim. Beberapa parameter iklim, digunakan data sekunder. Metode untuk menemukan tingkat keserasian atau kesesuaian sumberdaya lahan tambak garam adalah metode
evaluasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) kualitas sumberdaya lahan tambak garam di Desa Magekapa, sebagai asosiasi antara sejumlah parameter yaitu bentuklahan (aspek kemiringan lereng), parameter tanah, parameter iklim, parameter tata air, parameter laut tepi pantai, tergolong dalam kategori baik hingga cukup baik untuk pengembangan tambak garam secara berkelanjutan; (2)
ada dua tingkat kesesuaian atau keselarasan sumberdaya lahan untuk tambak garam di Desa Magekapa, yaitu sangat sesuai (S1), dan cukup sesuai (S2), setelah dilakukan matching antara sejumlah parameter kualitas sumberdaya lahan tambak garam tersebut dengan kriteria garam bermutu; (3) ada tiga taktor pembatas sumberdaya lahan tambak di Desa Magekapa, yaitu kemiringan lereng medan tambak garam, salinitas tanah, dan curah hujan yang tinggi pada bulan Januari hingga Maret.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Entiana Ba’ó - Personal Name
Student ID
1601100044
Dosen Pembimbing
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ignasius Suban Angin - 195611141988031001 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1
Natalia Adel H. N Mari - 199307272019032029 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Bao E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA