Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Di Dolabang Desa Pura Barat Kecamatan Pulau Pura Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Di Dolabang Desa Pura Barat Kecamatan Pulau Pura Kabupaten Alor

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh peralatan, hasil tangkap, dan harga jual terhadap pendapatan nelayan di Dolabang Desa Pura Barat Kecamatan Pulau Pura Kabupaten Alor.
Jenis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer karena data yang dikumpulkan secara langsung melalui wawancara dengan responden serta observasi yang mengamati secara langsung hal-hal yang berhubungan dengan nelayan dan menyebarkan kuesioner kepada nelayan. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 nelayan dengan teknik pengambilan sampel random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistic uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi dengan alat bantu IBM SPSS 25 statistic.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peralatan (X1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan nelayan. Hal ini menunjukan bahwa peralatan yang digunakan oleh nelayan sangat sederhana sehingga para nelayan Dolabang harus meningkatkan peralatan yang ada. Hasil tangkap (X2) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan nelayan. Hal ini menunjukan bahwa jika hasil tangkap semakin tinggi maka pendapatan juga akan semakin tinggi. Harga jual (X3) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan nelayan. Hal ini menunjukan bahwa jika harga jual semakin tinggi maka pendapatan juga akan semakin tinggi. Variabel peralatan, hasil tangkap, dan harga jual secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan nelayan. Jika peralatan, hasil tangkap dan harga jual semakin meningkap maka pendapatan juga akan semakin meningkat.

Kata kunci : Pendapatan nelayan, peralatan, hasil tangkap, harga jual


Detail Information

Item Type
Penulis
Sriyanti Patingka - Personal Name
Student ID
1601080029
Dosen Pembimbing
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 1
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 SRY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA