Skripsi
MARGIN DAN FARMER SHARE PEMASARAN KOPRA DI DESA WAILOLONG KECAMATAN OMESURI KABUPATEN LEMBATA
XMLPenelitian ini dilaksanakan di Desa Wailolong, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata pada bulan Februari sampai Maret 2023. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kopra, besar Margin pemasaran kopra, Farmer Share pemasaran kopra, dan efisiensi pemasaran kopra di Desa Wailolong, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata. Pengambilan sampel dilakukan secara bertahap yaitu tahap pertama penentuan populasi petani responden menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 31 responden. Tahap kedua penentuan sampel pada lembaga pemasaran dengan metode bola salju (Snowball Sampling) yang terdiri dari pedagang pengumpul dan pedagang besar. Data penelitian diperoleh dengan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan menggunakan persamaan yang telah ditetapkan.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran kopra di Desa Wailolong, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata. Saluran I, petani menjual ke P.P.D.D I kemudian kopra dipasarkan ke pedagang besar, dengan Margin pemasaran di tingkat petani sebesar Rp.1.500/Kg dan Farmer Share yang diterima petani sebesar 85 %. Saluran II, petani menjual ke P.P.D.D II kemudian kopra dipasarkan ke pedagang besar, dengan Margin pemasaran ditingkat petani sebesar Rp.1.500/Kg dan Farmer Share yang diterima petani sebesar 85 %. Saluran pemasaran III petani menjual kopra langsung ke pedagang besar, dengan besar Margin pemasaran di tingkat petani senilai Rp.0/Kg dan Farmer Share sebesar 100 %. Saluran pemasaran IV petani menjual kopra ke P.P.L.D kemudian kopra dipasarkan ke pedagang besar, dengan Marginpemasaran yang diperoleh petani senilai Rp.1.000/Kg dan Farmer Share yang diperoleh petani sebesar 90 %. Tingkat efisiensi pada setiap saluran yaitu sebagai berikut: saluran I memperoleh tingkat efisiensi 1,67%, saluran II sebesar 1,72%, saluran III sebesar 1,61% dan saluran IV 5,11%. Pemasaran yang lebih efisien terjadi pada saluran III, karena nilai efisiensi biaya pemasaran yang diperoleh paling kecil.
Kata kunci: Kopra, Saluran Pemasaran, Margin, Farmer Share, Efisiensi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GREGORIA D. BOTA - Personal Name
|
Student ID |
1904020105
|
Dosen Pembimbing |
LIKA BERNADINA - 19620223198601200 - Dosen Pembimbing 1
MARIA FRANSISKA DARLEN - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lika Bernadina - 19620223198601200 - Ketua Penguji
MARIA FRANSISKA DARLEN - - Penguji 1 I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
AGRIBISNIS
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 BOT M
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |