Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perubahan Sikap Dan Mental Siswa Pada SMA N 10 Kupang Selama Pandemi Covid-19

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perubahan Sikap Dan Mental Siswa Pada SMA N 10 Kupang Selama Pandemi Covid-19

XML

Penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perubahan Sikap dan Mental Siswa selama pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perubahan Sikap dan Mental Siswa selama pandemi Covid-19 yang difokuskan pada 6 aspek yaitu penguasaan konsep materi pembelajaran, platform pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, motivasi belajar, keterlibatan siswa, dan efisiensi waktu pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 Desember- 25 Januari 2023 di SMA N 10 Kupang.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey dan wawancara. Data tanggapan siswa diperoleh dengan cara menyebarkan angket secara tatap muka terbatas menggunakan angket kuisioner, kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan trend data penelitian yang didapatkan. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa yang mengikuti pembelajaran secara daring yang tersebar pada kelas X,XI dan XII yang terdiri dari 28 siswa dan 48 siswi serta wawancara terhadap 3 guru wali kelas dan 7 orang siswi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa pada pengaruh pembelajaran daring (online) terhadap perubahan sikap dan mental siswa pada SMA N 10 Kupang selama pandemi Covid-19 berdampak positif dengan persentase penilaian angket 46%. tanggapan positif yang lebih dominan jika dilihat secara keseluruhan aspek, dimana aspek penguasaan konsep materi pembelajaran menunjukkan kategori tanggapan sangat positif dengan presentase skor penilaian 61%, aspek platform pembelajaran menunjukkan kategori tanggapan sangat positif dengan persentase skor penilaian angket 57%, aspek sarana dan prasarana pembelajaran menunjukkan kategori tanggapan positif dengan skor angket 39%, sedangkan aspek motivasi belajar siswa menunjukkan kategori tanggapan negatif dengan perolehan skor penilaian angket 41%, serta aspek keterlibatan siswa menunjukkan kategori tanggapan sangat positif dengan presentase penilaian angket 32%,dan aspek efisiensi waktu pembelajaran menunjukkan kategori tanggapan kurang positif dengan presentase penilaian angket 38%.

Kata Kunci: Pengaruh Pembelajaran Daring, Perubahan Sikap dan Mental , Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YEDIAEL LIMAU - Personal Name
Student ID
1801040045
Dosen Pembimbing
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 LIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA