PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD INPRES LABAT KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD INPRES LABAT KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Ongkianus Boboy NIM.1901140006 dengan judul penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Inpres Labat Kota Kupang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam kelas sehingga membuat hasil belajar siswa menurun terkhususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi ide pokok disini siswa kurang atau belum mampu menentukan ide pokok dari suatu paragraf, siswa menganggap bahwa tema atau judul itu merupakan ide pokon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6, subtema 1, pembelajaran 1, menggunakan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok siswa di kelas V SD Inpres Labat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran numbered heads together dalam pembelajaran tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 pembelajaran 1 tentang ide pokok dalam teks eksplanasi. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan banyak informasi, dengan membaca pembaca dapat memahami yang tersirat dalam yang tersurat. Model dalam penelitian ini adalah numbered head together. Model NHT ini merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan mengambil lokasi di SD Inpres Labat kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 50% meningkat menjadi 91,67% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 41,67%. Maka dapat disimpulakan bahwa penerapan model numbered heads together dalam pembelajaran tentang tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Labat Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Ide Pokok, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ongkianus Boboy - Personal Name
Student ID
1901140006
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BOB P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA