Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD INPRES LABAT KOTA KUPANG
XMLSkripsi oleh Ongkianus Boboy NIM.1901140006 dengan judul penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Inpres Labat Kota Kupang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam kelas sehingga membuat hasil belajar siswa menurun terkhususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi ide pokok disini siswa kurang atau belum mampu menentukan ide pokok dari suatu paragraf, siswa menganggap bahwa tema atau judul itu merupakan ide pokon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6, subtema 1, pembelajaran 1, menggunakan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok siswa di kelas V SD Inpres Labat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran numbered heads together dalam pembelajaran tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 pembelajaran 1 tentang ide pokok dalam teks eksplanasi. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan banyak informasi, dengan membaca pembaca dapat memahami yang tersirat dalam yang tersurat. Model dalam penelitian ini adalah numbered head together. Model NHT ini merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan mengambil lokasi di SD Inpres Labat kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 50% meningkat menjadi 91,67% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 41,67%. Maka dapat disimpulakan bahwa penerapan model numbered heads together dalam pembelajaran tentang tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Labat Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Ide Pokok, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ongkianus Boboy - Personal Name
|
Student ID |
1901140006
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BOB P
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |