PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI MAULAFA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI MAULAFA KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Febriani Naema Sereh, NIM: 1901140086 penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Skripsi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang?, (2) Apakah ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang?, (3) Apakah ada pengaruh antara motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang?. Dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidaknya dari (1) Motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang?, (2) Gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang? (3) motivasi dan gaya terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang?. Penelitian ini menggunakan metode Ex-postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara dan studi dokumentasi. Jumlah responden yaitu 87 orang dengan rincian 31 orang dari kelas IV, 31 orang dari kelas V dan 25 orang dari kelas VI. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji hipotesis.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Maulafa Kota Kupang, selanjutnya hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan SPSS versi 20 dilakukan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,006 dan nilai F hitung diperoleh 7,865 > F tabel 3,11 dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh Motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang (Y) dibuktikan dengan nilai F hitung (7,865) > nilai F tabel (3,11). Pada penelitian terlihat bahwa motivasi dari dalam atau internal punya pengaruh besar terhadap siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa seperti motivasi dengan kategori Task Value yaitu Siswa memiliki ketertarikan pada setiap pembelajaran yang dilakukan. Uji hipotesis kedua dengan menggunakan SPSS versi 20 dilakukan uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai F hitung diperoleh 4,350 > nilai F tabel 3,11. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh gaya belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang (Y) dibuktikan dengan nilai F hitung (4,350) >F tabel (3,11). Pada penelitan ini terlihat bahwa gaya belajar siswa kelas tinggi mempunyai pengaruh yang kuat dalam proses belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa. Indikator gaya belajar yang mempunyai pengaruh besar untuk penelitan ini yaitu indikator belajar dengan mendengarkan dan komunikasi dengan sesama, lindikator belajar secara visual, dan indikator tertarik dengan musik. Uji hipotesis ketiga dengan menggunakan SPSS Versi 20 dilakukan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,013 dan nilai F hitung diperoleh 4,601> nilai F tabel 3,11. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara motivasi (X1) dan gaya belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa Kota Kupang (Y) dibuktikan dengan nilai F hitung (4,657) > nilai F tabel (3,11).
Sesuai dengan uji yang dilakukan dalam penelitan ini dan ketiga hipotesis yang telah di uji dapat dikatakan terdapat pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Maulafa.

Kata Kunci : Motivasi, Gaya Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Febriani Naema Sereh - Personal Name
Student ID
1901140086
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA