Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD INPRES MAULAFA
XMLSkripsi oleh Gerin Nobel Abineno, NIM: 1901140262(2023), dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V SD Inpres Maulafa”. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kelas V tema 7 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V SD Inpres Maulafa dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Penelitian ini menggunakkan Pre-Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One-Grup Pre-Test Post-Test Design. Populasi yang digunakkan adalah siswa kelas V SD Negeri Maulafa yang berjumlah 21 orang dan sampel yang digunakkan berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakkan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan sampel yang digunakkan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan sampel pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakkan, terlebih dahulu digunakkan pengujian validitas dan realibilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakkan untuk uji hipotesis.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Maulafa Kota Kupang Kelas V Selanjutnya hasil pengujian hipotesis, menggunakkan paired sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000. hal ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05. Dengan demikian, maka sesuai dengan pengambilan dasar keputusan dalam uji ini adalah, jika nilai sig (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Team Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan kelasV SD Inpres Maulafa.
Kata Kunci: Team Games Tournament, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Gerin Nobel Abineno - Personal Name
|
Student ID |
1901140262
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ABI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |