Skripsi
Analisis Penguatan Karakter Religius Dan Kemandirian Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan karakter religius dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Kupang, Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan karakter kemandirian dalam pembelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Kupang, serta mendeskripsikan kendala penguatan karakter religius dan kemandirian dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Kupang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penguatan karakter religius dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Kupang, bagaimana penguatan karakter kemandirian dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Kupang, bagaimana kendala penguatan karakter
religius dan kemandirian dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan siswa SMP Negeri 13 Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Peneitian ini mengunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru mata pelajaran PPKn, Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukan bawah pelaksanaan penguatan karakter religius yang dilakukan oleh guru PPKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Kupang berdasarkan indikator ialah Berdoa sebelum dan sesudah melakukan segalah sesuatu, Merayakan hari-hari besar keagamaan yang di tandai sebagai uncapan syukur atas kehidupan yang telah Tuhan berikan, Memiliki fasilitas yang digunakan untuk beribadah SMP Negeri 13 mengunakan lapangan untuk beribadah bersama setiap hari sabtu, Hudup rukun antar pemeluk agama
lain terjalin dengan baik walaupun terkadang terdapat konflik kecil-kecilan yang mengakibatkan pendebatan atar siswa, begitu juga dengan indikator penguatan katakter kemandirian memiliki rasa tanggung jawab siswa mampu bertangung jawab dalam semua resiko maupun pendapat yang siswa lakukan bertanggun jawab dalam semua kewajiabannya sebagai siswa atau pelajar, tidak bergantung pada orang lain siswa mamupu mandi dalam melakukan tugasnya da mampu menyelasaikan tugas-tugas yang diberikan, memiliki rasa ingin tahu, memiliki
sikap percaya diri atas kemampuan atau pendapat yang di sampaikan. Kendala dalam penguatan karakter religius dan kemandirian siswa adalah: 1). Sikap acuh tak acuh terhadap penguatan karakter religius 2) Kurangnya kesadaran diri siswa akan penguatan karakter religius. 3) siswa masih bergantung pada orang lain 4) Kurang motivasinya motivasi siswa dalam mengerakan tugas dari guru.
Kata Kunci: Penguatan karakter, religius, kemandirian, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Miryam Angriani Sakan - Personal Name
|
Student ID |
1901070038
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Daud Y. Nassa - - Penguji 1 Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 SAK A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |