Skripsi
Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang ?,Bagaiman Kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang ? dan Bagaimana solusi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang, Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa VII SMP Negeri 5 Kota Kupang, Untuk mendeskripsikan solusi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa VII SMP Negeri 5 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data dalam bentuk kata-kata berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, observasi, sehingga dapat diperoleh gambaran terhadap apa yang sedang diteliti dan dikumpulkan melalui observasi, wawacara dan dokumentasi berupa gambar. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami . penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawacara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa tidak terlepas dari beberapa peran guru baik sebagai pendidik, pengajar, ataupun pembimbing. Dalam menjalankan perannya tentunnya tidak terlepas dari suatu kendala baik yang datang dari faktor intern siswa maupun faktor eksteren siswa. Agar terbinanya sikap dan terlepas dari kendala tersebut guru PPKn tentunnya mampu mengatasi hal tersebut dengan berbagai golusi seperti melakukan pendekatan dan kerja sama yang baik, antar guru dengan siswa serta guru dengan orang tua siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Grassela Boling Laa - Personal Name
|
Student ID |
1901070034
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Daud Y. Nassa - - Penguji 1 Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Laa P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |