PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM TANGGAP DARURAT DAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN SUMBA TIMUR (STUDI KASUS BADAI SEROJA)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM TANGGAP DARURAT DAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN SUMBA TIMUR (STUDI KASUS BADAI SEROJA)

XML

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan peran BPBD dalam tanggap darurat dan pasca bencana di Kabupaten Sumba Timur (studi kasus badai seroja). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sumba Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif . Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang. Teknik analilis data yang digunakan dalam penelitian adalah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Peran badan penanggulangan bencana daerah dalam tanggap darurat dan pasca bencana di kabupaten sumba timur (studi kasus badai seroja) Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam menanggulangi bencana badai seroja di Kabupaten Sumba Timur sudah baik, ini terlihat dari peranan kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur yang menerapkan prinsip-prinsip manajemen bencana yang baik. Yaitu bahwa penanggulangan bencana dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan tuntutan keadaan. Adanya kondisi yang baik dengan instantsi atau dinas yang terkait sebagai upaya penanggulangan bencana yang didasarkan pada kondisi yang baik dan saling mendukung serta dalam penanggulangan bencana melibatkan berbagai pihak secara seimbang. dalam hal ini kita bisa lihat dari segi Tanggap Darurat Pelaksanaan tanggap darurat yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang di timbulkan dari bencana badai seroja seperti pengurusan pengungsian, penyelamatan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat kabupaten sumba timur yang terkena dampak bencana badai seroja.Dari segi Pasca bencana Setelah terjadi bencana dan proses tanggap darurat di lewati, maka langkah berikutnya adalah melakukan rehabilitasi dan rekonsturksi. Pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pada masyarakat yang terdampak bencana badai seroja yaitu membersikan puing-puing, pohon-pohon yang tumbang yang di akibatakan dari bencana badai seroja.sedangkan perbaikan fasilitas umum belum dilakukan karna membutuhkan dana yang besar sedangkan dana yang dimiliki terbatas sehingga rehabilitasi dan rekonstruksi di Kabupaten Sumba Timur belum terpenuhi 100%.
Penelitian ini juga menjadi sumbangan pemikiran Pemerintah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) agar tetap konsisten menjaga prinsip badan penanggulangan bencana.
Kata kunci: peran, Tanggap darurat. Pasca bencana


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EMANUEL K. WALUWANJA - Personal Name
Student ID
1703010227
Dosen Pembimbing
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Wal
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA