Dinamika Psikologis Pindah Agama Pada Masyarakat Suku Boti Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi pendekatan Etnografi dengan Teknik Observasi dan wawancara)

Detail Cantuman

Skripsi

Dinamika Psikologis Pindah Agama Pada Masyarakat Suku Boti Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi pendekatan Etnografi dengan Teknik Observasi dan wawancara)

XML

Suku Boti merupakan keturunan asli pulau Timor (Atoni Meto). Suku Boti adalah salah satu kelompok masyarakat yang masih mempertahankan kesatuan kebudayaan, yaitu kebudayaan Boti. Suku Boti menganut agama sukunya sendiri yaitu agama Halaika. Namun seiring swaktu berjalan beberapa masyarakat memilih untuk berpindah dan menganut agama yang sudah di akui negara Indonesia. Ketika diwawancara, alasan utamanya ialah pendidikan. Hal ini menjadi konflik antara mereka dengan keluarga dan masyarakat lainnya. Permasalahan mengenai pindah agama merupakan hal yang berkelanjutan. Dengan artian konflik atau permasalahan yang terjadi ini semata tidak berakhir pada saat individu memutuskan untuk berpindah agama namun terus berlanjut setelah individu berpindah agama. Kenyataanya kekerasan fisik dan psikis yang dilakukan sebagai akibat dari pindah agama terus terjadi. Individu yang telah memutuskan untuk berpindah agama selalu diberikan label kafir, pendosa, murtad, dan tidak berpendirian. Ketika masyarakat atau individu diberikan label seperti itu maka individu akan merasakan kecemasan, ketakutan, malu dan juga depresi dalam dirinya, ini dinamakan dampak psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika psikologis masyarakat suku Boti yang pindah agama. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Partisipan yang terlibat berjumlah 6 orang yang merupakan masyarakat asli suku Boti. Dari proses analisis ditemuka 3 tema utama: (1) Menemukan makna dan tujuan hidup melalui spiritualitas,
(2) Kesetaraan pendidikan, (3) Kesulitan reintegrasi sosial. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa masyarakat suku Boti benar-benar mengalami dinamika psikologis setelah memutuskan untuk pindah agama. Dinamika Psikologis yang dialami meliputi perubahan secara kognitif, perubahan secara emosi dan hubungan interpersonal. Perubahan tersebut membawa dampak negatif namun juga membawa dampak positif.
Kata kunci: (Pindah agama, dinamika psikologi, Suku Boti)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1907020014
Dosen Pembimbing
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 1
Theodora Takalepata - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Ketua Penguji
Theodora Takalapeta - - Penguji 1
Luh Putu Ruliati - 197105151994032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
732.01 TAN D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA