Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Di Sdk Wuaone Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Di Sdk Wuaone Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

XML

Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Karakter yang sudah dikembangkan di SDK Wuaone merupakan karakter religius, jujur, sopan santun, toleransi, disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah redukasi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pengembangan pendidikan karakter yang dilakukan dalam program pengembangan diri di SDK Wuaone mengangkat nilai religius, jujur, sopan santun, toleransi, disiplin dan tanggung jawab dalam bentuk kegiatan rutin (tugas piket guru, tugas piket siswa dan upacara bendera), kegiatan spontan (menasehati, menegur dan membantu kegiatan insidental), keteladanan, dan pengkondisian (kebersihan lingkungan). Upaya pengembangan di dalam pembelajaran dalam silabus belum dicantumkan, tapi pada pengembangan RPP dan proses pembelajaran sudah dimasukkan nilai-nilai karakter (nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, dan tanggung jawab). Upaya pengembangan pendidikan karakter pada pengintegrasian dalam budaya sekolah yang dilakukan dengan kegiatan kelas (nilai toleransi), sekolah (nilai religius), dan luar sekolah/ekstrakurikuler (nilai tanggung jawab). Bentuk dukungan kepala sekolah meliputi pemodelan (modeling), pengajaran (teaching), dan penguatan karakter (reinforcing). Bentuk dukungan guru ialah dengan memasukan nilai karakter dalam proses pembelajaran, serta pembiasaan karakter di kelas sedangkan peran komponen keluarga dirasakan masih sangat kurang.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya pengembangan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDK Wuaone yaitu dengan mengangkat nilai-nilai religius, jujur, sopan santun, disiplin, toleransi dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter sudah dimasukan ke dalam RPP namun dalam silabus belum dimasukan nilai-nilai karakter. Nilai karakter yang di masukan dalam RPP tidak dapat di implementasikan dengan baik oleh beberapa guru di kelas.
Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan, Karakter.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
VEBIANA PALANG DEMON - Personal Name
Student ID
1901140163
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 DEM U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA