FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI SOSIOLOGI, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

Detail Cantuman

Skripsi

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI SOSIOLOGI, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

XML

Judul penelitian ini adalah Faktor-Faktor Penyebab Pelanggaran Lalu Lintas Di Kota Kupang (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana). Di era globalisasi saat ini sepeda motor memiliki fungsi yang penting bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan. Mahasiswa Program Studi Sosiologi tidak luput dari pelanggaran lalu lintas ketika sedang menggunakan kendaraan bermotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang membuat mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana melakukan pelanggaran lalu lintas? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Sosiologi. Penelitian ini menggunakan teori peran dan teori tindakan sosial (Max Weber). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang dan teknik penarikan informan dilakukan secara purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh mahasiswa semester VII Prodi Sosiologi adalah tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap seperti tidak ada SIM atau STNK yang menjadi kewajiban pengendara saat sedang berkendara di jalan raya. Faktor-faktor penyebab mahasiswa Prodi Sosiologi melakukan pelanggaran lalu lintas terbagi menjadi 2 faktor utama yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal terdiri dari; (1) malas dalam pengurusan surat-surat kelengkapan berkendara; (2) takut gagal melakukan ujian praktek pada saat mengurus kelengkapan berkendara; (3) faktor kelalaian. Sedangkan pada faktor eksternal, terdiri dari; (1) biaya yang harus dikeluarkan; (2) kurangnya motivasi orang tua terhadap anak; (3) Perilaku tidak tertib di ruang publik. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa ada banyak penyebab perihal tindak pelanggaran lalu lintas di kalangan mahasiswa Prodi Sosiologi. Peneliti juga menyarankan kepada mahasiswa agar sadar akan pentingnya melengkapi kelengkapan kendaraan bermotor, sehingga mahasiswa sebagai individu yang berpendidikan tinggi mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat agar tertib dalam hal berlalu lintas; pada orang tua untuk selalu memberikan nasehat serta motivasi agar anak-anak mereka mau melengkapi semua kekurangan yang berhubungan dengan kelengkapan kendaraan bermotor yang mereka gunakan saat melakukan aktivitas; bagi masyarakat untuk selalu mentaati aturan dan norma berlalu lintas yang berlaku saat sedang berkendara menggunakan kendaraan bermotor; terutama kepada Kepolisian agar selalu melakukan sosialisasi akan pentingnya melengkapi kelengkapan kendaraan dalam berlalu lintas.
Kata Kunci : Faktor Pelanggaran, Lalu Lintas dan Mahasiswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1603030130
Dosen Pembimbing
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 1
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Ketua Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sop F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA