Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harapan Nilai Status Akreditasi Puskesmas Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Tesis

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harapan Nilai Status Akreditasi Puskesmas Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kabupaten Malaka

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui Faktor
yang Mempengaruhi Peringkat Akreditasi Puskesmas dan Dampaknya terhadap
Kepuasan Masyarakat di Kabupaten Malaka. Metode: Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian survei analitik dengan rancangan cross sectional.
Populasi dalam penelitian adalah 19 puskesmas yang telah terakreditasi dengan
jumlah sampel 230 orang petugas puskesmas dan 120 orang pengunjung di 8
puskesmas terakreditasi. Penelitian ini menggunakan multi-stage stratified
disproportional sampling yaitu pengambilan sampel secara acak di delapan
puskesmas terakreditasi baik rawat inap maupun non rawat inap. Data kemudian di
analisis jalur dengan uji regresi linear berganda tahap 1 dan 2. Hasil: Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara langsung ada pengaruh secara parsial dan
simultan partisipasi, komitmen, kinerja dan motivasi pegawai terhadap peringkat
akreditasi puskesmas dan akreditasi puskesmas terhadap kepuasan masyarakat
dengan nilai variabel X1=0,002, X2=0,000, X3=0,000 dan X4=0,000 Y= 0,000
lebih kecil dari 0,05. Besarnya nilai R Square 0,332 dan nilai e1=0,8173 serta nilai
f hitung 23,970> f tabel 2,41. Secara tidak langsung partisipasi dan kinerja melalui
peringkat akreditasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan
masyarakat di Kabupaten Malaka dengan nilai pengaruh tidak langsung X1=
0,086< nilai pengaruh langsung 0,141 dan X3=0,226<0,371 sedangkan komitmen
dan motivasi secara tidak langsung melalui peringkat akreditasi mempunyai
pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Malaka dengan
nilai pengaruh tidak langsung X2=0,080< nilai pengaruh langsung 0,132 dan
X4=0,105<0,172. Kesimpulan: Terdapat pengaruh langsung secara parsial dan
simultan partisipasi, komitmen, kinerja dan motivasi pegawai terhadap peringkat
akreditasi dan akreditasi puskesmas terhadap kepuasan masyarakat, serta secara
tidak langsung partisipasi, kinerja melalui peringkat akreditasi tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan komitmen dan motivasi secara
tidak langsung melalui peringkat akreditasi mempunyai pengaruh signifikan
terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Malaka.

Kata Kunci: . Akreditasi, harapan nilai, kepuasan. kinerja, komitmen,
motivasi, partisipasi.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
1911080034
Dosen Pembimbing
STEFANUS PIETER MANONGGA - 195908171986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Stefanus Pieter Manongga - 195908171986011001 - Ketua Penguji
Jacob M Ratu - 196905221195121001 - Penguji 1
Karolus Kopong Medan - 196204221990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Departement
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Andreas Umbu Roga - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
131.01 TAH F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA