FAKTOR PENYEBAB PERAN GANDA ISTRI DI DESA RATOGESA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA

Detail Cantuman

Skripsi

FAKTOR PENYEBAB PERAN GANDA ISTRI DI DESA RATOGESA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA

XML

Faktor Penyebab Peran Ganda Istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Di Desa Ratogesa ini ibu rumah tangga memiliki peran yang lebih di dalam keluarga, dimana para ibu rumah tangga di Desa Ratogesa tidak hanya mengurus keluarga tetapi juga menjadi tulang punggung keluarga. Tentu peran yang dimainkan perempuan atau ibu rumah tangga akan membawa dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Kebutuhan ekonomi yang tinggi serta tingkat pendapatan ekonomi keluarga yang rendah, memaksa para ibu rumah tangga untuk berpartisipasi lebih dalam keluarga, turut serta membantu suami mencari penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan dalam keluarga. Tidak hanya soal kebutuhan makan minum saja, biaya pendidikan anak menjadi salah satu faktor utama para ibu rumah tangga ini berperan ganda. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: 1. faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya peran ganda istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, dalam meningkatkan pendapatan keluarga. 2. Bentuk-bentuk peran ganda apakah yang dijalankan para istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, dalam meningkatkan pendapatan keluarga. 3. Bagaimanakah dampak peran ganda yang dijalani para ibu rumah tangga di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya peran ganda istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, dalam usaha turut meningkatkan pendapatan keluarga. 2. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bentuk-bentuk peran ganda istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, dalam usaha turut meningkatkan pendapatan keluarga. 3. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak-dampak yang terjadi dari adanya peran ganda istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, dalam usaha meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori Feminisme Liberal. Penelitian ini dilakukan di Desa Ratogesa, kecamatan Golewa,Kabupaten Ngada.
informan dalam penelitin ini berjumlah 8 orang yakni para ibu rumah tangga yang berperan ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya: 1. faktor-faktor penyebab terjadinya peran ganda istri di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada yakni, niat untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya,kebutuhan ekonomi, kebutuhan aktualisasi diri, perkembangan teknologi, meningkatnya harga kebutuhan pokok. 2. Bentuk-bentuk peran ganda istri di desa Ratogesa Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada yakni, Irt pengusaha kios, irt guru pengusaha kios, irt guru peternak babi, irt peternak babi, irt art, irt pekerja kelapa sawit. 3. Dampak dari peran ganda istri ini yakni, penghasilan keluarga bertambah, merasa kelelahan dengan peran yang di jalani, waktu bersama suami dan anak semakin berkurang. Saran dari penelitian ini yakni: bagi para istri yang berperan ganda agar dapat membagi waktu sebaik baiknya antara pekerjaan rumah mengurus anak dengan pekerjaan sampingan yang mereka lakukan, sehingga keharmonisan dan rasa kasih sayang kepada anak tetap terjaga dalam keluarga dan bagi para suami agar mampu memberikan rasa pengertian kepada istri serta dapat membantu istri dalam mengerjakan pekerjaan dalam rumah.
Kata Kunci: Faktor Penyebab Peran Ganda Istri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LEONARDUS F WAWO LANGA - Personal Name
Student ID
1723030004
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Lan F
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA