Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES BOSEN PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada Tema 8 Subtema 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bosen yang berjumlah 11 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Bosen pada tema 8 subtema 2 meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Pada tahap Pra-siklus rata-rata hasil belajarsiswa 44,09 dengan persentase ketuntasan 9,09%. Peneliti melanjutkan pada tahap Siklus I dengan mulai menggunakan model pembelajaran Course Review Horay, sehingga hasil belajar pada siklus ini terdapat 2 orang siswa dengan persentase ketuntasan 18,18% dan rata-rata hasil belajar 67,72. Pada siklus II hasil belajar kembali meningkat sebanyak 10 orang dengan persentase 91% dan nilai rata-rata siswa 84,09. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bosen pada Tema 8 Subtema 2 pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Model Course Review Horay, Hasil belajar, Bahasa Indonesia
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Trivenolia Pandie - Personal Name
|
Student ID |
1901140267
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1 Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |