PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGA LISTRIKAN DI SMK NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGA LISTRIKAN DI SMK NEGERI 5 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik instalasi tenaga listrik kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 5 Kupang. 2) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik instalasi tenaga listrik kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 5 Kupang dan 3) pengaruh disiplin dan lingkungan belajar secara bersama- sama mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik instalasi tenaga listrik di kelas XI SMK Negeri 5 Kupang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 69 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design dan dihitung menggunakan SPSS 22.00 for windows. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Variabel dalam penelitian ini adalah disiplin belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif menggunakan alat distribusi frekuensi dan analisis regresi linear berganda yang hasilnya diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini melalui perhitungan analisis regresi linear berganda, diperoleh hasil bahwa, 1) Adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar di SMK Negeri 5 Kupang. Hal ini dapat diketahui melalui hasi uji t disiplin belajar adalah 0,012,652 sehingga menunjukan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK 5 Kupang. 2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar di SMK Negeri 5 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikan pada hasil pengujian yang menunjukan bahwa nilai signifikansi dari variabel lingkungan belajar adalah 0,002,652 sehingga menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK 5 Kupang. 3) Ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar di SMK Negeri 5 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikan pada hasil pengujian yang menunjukan bahwa nila f-hitung adalah 0,023,13. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MATEUS HAMBUR - Personal Name
Student ID
1601130058
Dosen Pembimbing
FRANSISKUS F GOE RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Ketua Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 1
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Ham P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA