Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD Inpres Oelmasi

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD Inpres Oelmasi

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh signifikan pada metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Oelmasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest design yaitu sebelum pembelajaran siswa diberikan terdahulu pretest (tes awal) dan setelah pembelajaran siswa diberikan posttest (tes akhir). Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes dengan pengujian validitas dan reliabilitas.Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah tes, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Lokasi penelitian ini adalah SD Inpres Oelmasi yang terletak di Jln Timor Raya Km 39 Oelmasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang. Subjek penlitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Oelmasi berjumlah 20 siswa terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Microsoft Excell dengan perhitungan uji vailiditas menunjukan nilai produk momen rhitung untuk setiap pertanyaan lebih besar dari rtabel 0,444 dan sebanyak 20 soal dinyatakan valid. Hasil perhitungan reliabilitas tes hasil belajar pada 20 butir soal dengan rumus Kuder Richardon (KR20) menunjukan r11 = 0,9> rtabel 0,444 sehingga instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil belajar pretest siswa dengan nilai rata-rata 50,25 dan hasil belajar posttest siswa dengan nilai rata-rata 81. Hasil belajar siswa meningkat 30,75% . Hasil pengujian analisis statistik data, dengan hasil perhitungan uji normalitas data pretest = -453,63< 5,99 sedangkan pada posttest = -426,30 < 5,99 dengan kriteria nilai x2hitung 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.Hasil pengujian menunjukan nilai Sig (2tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima.
Sesuai dengan hasil analisis dan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Ha berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa tentang konsep perubahan wujud benda dikelas V SD Inpres Oelmasi.

Kata Kunci: Metode inkuiri, Hasil belajar, Perubahan wujud benda


Detail Information

Item Type
Penulis
Jaini Viani Mbuilima - Personal Name
Student ID
1601140217
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mbu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA