PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KUPANG KELAS XI PADA MATERI BARISAN BERBANTUAN PPT INTERAKTIF

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KUPANG KELAS XI PADA MATERI BARISAN BERBANTUAN PPT INTERAKTIF

XML

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan konekssi matematis peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang yang telah mempelajari materi Barisan. Peserta didik tidak mampu untuk menemukan keterkaitan antara konsep barisan dengan soal yang diberikan. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan peseta didik secara aktif untuk menemukan hubungan antar masalah matematis dengan konsep matematis yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PPT Interaktif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik SMA Negeri 2 Kupang pada materi barisan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Lewin dengan 4 langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian, analisis datanya yaitu dengan menghitung persentase kemampuan koneksi matematis dengan mencari persentase perolehan nilai peserta didik itu sendiri yang akan disesuaikan dengan kriteria kemampuan koneksi matematis, serta skor hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang dengan jumlah peserta didik 35 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PPT interaktif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas XI IPA 3 pada materi barisan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase kemampuan koneksi matematis secara klasikal pada setiap siklus, yakni dari 70,83% menjadi 75%. Peserta didik juga sudah mampu mengaitkan informasi pada soal dengan konsep matematis tentang barisan yang telah dipelajari sebelumnya. Kemampuan peserta didik untuk menemukan dan menggunakan kaitan antar konsep matematika juga meningkat. Sebagian besar peserta didik juga telah mampu menemukan dan menggunakan kaitan antara konsep matematika dengan bidang lain, serta peserta didik juga telah mampu menemukan dan menggunakan kaitan antara konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APRYLA TAOPAN - Personal Name
Student ID
1901030031
Dosen Pembimbing
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius A. Udil, M.Pd-19930911 201903 1 020 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Tao P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA