Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KUPANG KELAS XI PADA MATERI BARISAN BERBANTUAN PPT INTERAKTIF
XMLPenelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan konekssi matematis peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang yang telah mempelajari materi Barisan. Peserta didik tidak mampu untuk menemukan keterkaitan antara konsep barisan dengan soal yang diberikan. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan peseta didik secara aktif untuk menemukan hubungan antar masalah matematis dengan konsep matematis yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PPT Interaktif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik SMA Negeri 2 Kupang pada materi barisan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Lewin dengan 4 langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian, analisis datanya yaitu dengan menghitung persentase kemampuan koneksi matematis dengan mencari persentase perolehan nilai peserta didik itu sendiri yang akan disesuaikan dengan kriteria kemampuan koneksi matematis, serta skor hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang dengan jumlah peserta didik 35 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PPT interaktif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas XI IPA 3 pada materi barisan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase kemampuan koneksi matematis secara klasikal pada setiap siklus, yakni dari 70,83% menjadi 75%. Peserta didik juga sudah mampu mengaitkan informasi pada soal dengan konsep matematis tentang barisan yang telah dipelajari sebelumnya. Kemampuan peserta didik untuk menemukan dan menggunakan kaitan antar konsep matematika juga meningkat. Sebagian besar peserta didik juga telah mampu menemukan dan menggunakan kaitan antara konsep matematika dengan bidang lain, serta peserta didik juga telah mampu menemukan dan menggunakan kaitan antara konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
APRYLA TAOPAN - Personal Name
|
Student ID |
1901030031
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius A. Udil, M.Pd-19930911 201903 1 020 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1 Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Tao P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |