Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Powerpoint dan I-spring Suite pada Materi Pythagoras untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Powerpoint dan I-spring Suite pada Materi Pythagoras untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

XML

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan pembelajaran berganti haluan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan maupun peluang bagi pendidik untuk menciptakan pembelajaran berbasis teknologi yang lebih kreatif sehingga mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini betujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android menggunakan Powerpoint dan I-spring Suite pada materi Pythagoras untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dan model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi Pythagoras yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Untuk aspek valid, diperoleh rata-rata total kevalidan dari 3 ahli media pembelajaran adalah 4.66, sehingga termasuk dalam kategori “sangat valid”. Untuk aspek praktis, diperoleh rata-rata total kepraktisan pada uji coba skala kecil sebesar 4.54 dengan kategori “sangat praktis” dan untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 100%. Untuk uji coba kepraktisan pada uji coba skala besar dari guru mata pelajaran adalah 4.6 dan dari peserta didik adalah 4.59, sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 76.92% sehingga media pembelajaran termasuk dalam kategori “efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Pythagoras


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901030003
Dosen Pembimbing
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius A. Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lek P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA