Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kupang melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi pada Materi Trigonometri

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kupang melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi pada Materi Trigonometri

XML

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan fundamental meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan rencana, dan menafsirkan solusi yang tepat. Hasil pra penelitian di kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kupang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah terutama pada materi trigonometri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kupang dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan video animasi pada materi trigonometri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & McTaggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 48.72% pada siklus I meningkat menjadi 84.38% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada persentase rata-rata indikator pemecahan masalah yaitu: 1) Memahami masalah dari 60.94% menjadi 92.86%; 2) Membuat rencana penyelesaian dari 46.43% menjadi 88.84%; 3) Melaksanakan rencana dari 45.98% menjadi 84.82%; dan 4) Memeriksa kembali dari 41.52% menjadi 70.98%. Penerapan model dan media ini juga meningkatkan aktivitas siswa sebesar 86.67% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan aktivitas guru mencapai persentase 100% pada setiap siklus. Dengan demikian, penerapan model problem based learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kupang pada materi trigonometri.

Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematika, problem based learning, trigonometri, video animasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHINDY SURYANI NUBATONIS - Personal Name
Student ID
1901030034
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
magdalena wangge - 19930315 201903 2 026 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Magdalena Wangge - 19930315 201903 2 026 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nub P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA