PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BEBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMAN 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BEBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMAN 4 KUPANG

XML

Pengguna smartphone yang semakin bertambah diberbagai kalangan termasuk dikalangan pelajar, Seharusnya mampu untuk membantu peserta didik dalam minat belajar dan memahami materi pelajaran di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI SMAN 4 Kupang yang valid, praktis, dan efektif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), Desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi turfal memenuhi kriteria kelayakanyang valid, praktis, dan efektif pada materi turunan fungsi aljabar. Rata-rata total kevalidan media pembelajaran oleh 3 orang ahli media dan materi adalah 4.44 sehingga media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android termasuk dalam kategori “Sangat Valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon 4.70, respon dari peserta didik skala kecil adalah 4.58 dan respon peserta didik skala besar adalah 4.47 sehingga media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, serta presentase hasil ketuntasan belajar skala kecil diperoleh 80% dan hasil ketuntasan belajar skala besar 78.78% sehingga media pembelajaranmatematika berbasis aplikasi android yang sudah dikembangkan masuk dalam kategori “Efektif”.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOVALDY ANIN - Personal Name
Student ID
1901030026
Dosen Pembimbing
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Penguji 1
Christine K. Ekowati - 196409171990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ani P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA