Pola Komunikasi Driver Grab Online Dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Driver Grab Online Dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Komunikasi Driver Grab Online Dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Driver Grab Online Dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana Kupang)

XML

Permasalahan dari penelitian ini yaitu bagaimanakan pola komunikasi yang dilakukan antara driver grab online dengan mahasiswa ilmu komunikasi undana di Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi terhadap driver dan mahasiswa ilmu komunikasi undana. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif menggunakan teori komunikasi sirkular (circular theory). Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi yang digunakan yang terjadi pada saat driver dan mahasiswa melakukan komunikasi ketika bertemu dan juga komunikasi yang dilakukan ketika dalam perjalanan hingga sampai pada tempat yang ditujui. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa driver dan mahasiswa ilmu komunikasi undana diKota Kupang telah melakukan komunikasi dengan menggunakan tiga pola yang dibuktikan sebagai berikut: Yang pertama pola komunikasi linier atau satu arah dimana pola komunikasi ini terjadi ketika dalam perjalanan, baik driver maupun mahasiswa yang sedang melakukan komunikasi saat itu mengalami miss komunikasi atau gangguan dijalan karena kebisingan atau karena dari driver ataupun mahasiswa yang tidak konsen sehingga komunikasi tersebut bersifat satu arah saja. Yang kedua pola komunikasi sirkuler atau dua arah dimana pola komunikasi ini yang paling efektif atau sering terjadi ketika driver dan mahasiswa melakukan komunikasi dengan baik saat di perjalanan. Komunikasi ini sering dilakukan antara driver dan juga mahasiswa untuk saling bertegur sapa dan sharing mengenai hal atau pengalaman pribadi masing-masing. Dan yang ketiga pola komunikasi spiral dimana pola komunikasi ini terjadi bukan hanya pada saat di perjalanan saja tetapi komunikasi antara driver dan mahasiswa akan terus berlanjut dari waktu ke waktu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiga pola komunikasi tersebut sering terjadi antara driver dan juga mahasiswa ilmu komunikasi undana, namun pola komunikasi yang paling efektif dan sering terjadi yang dilakukan driver dan mahasiswa ilmu komunikasi undana di Kota Kupang adalah pola komunikasi sirkuler atau dua arah.
Kata Kunci: Komunikasi, Pola, Grab Online, Mahasiswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Meliani Adventri Un - Personal Name
Student ID
1803050174
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 1
Mas Amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 UN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA