Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Strategi Joyfull Learning Menggunakan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Strategi Joyfull Learning Menggunakan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Kupang

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan yang terjadi di kelas VIIIE SMP Negeri 10 Kupang dimana rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa pada pembelajaran yang umumnya berpusat pada guru dimana guru masih belum menerapkan masalah nyata sebagai acuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dengan strategi joyfull learning menggunakan media animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIIIE SMP Negeri 10 Kupang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Teknis analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kuantitatif kualitataif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi siswa, observasi guru dan soal tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir matematis siswa melalui soal tes meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu sebesar 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Selain itu, hasil observasi pada siswa juga meningkat berdasarkan pengamatan observer 1 dengan nilai 82,35 menjadi 94,11, berdasarkan pengamatan observer 2 dengan nilai 85,29 menjadi 92,64, dan pengamatan observer 3 dengan nilai 69,11 menjadi 88,23. Hasil observasi guru juga meningkat, berdasarkan data lembar aktivitas guru dalam pembelajaran dari siklus I dengan nilai 80,26 sesuai pengamatan observer 1 menjadi 88,15 dan nilai 73,68 berdasarkan pengamatan observer 2 menjadi 90,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan strategi joyfull learning menggunakan media animasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi pola bilangan.
Kata Kunci : Joyfull learning, Kemampuan Berpikir Matematis, Media Animasi, Pola Bilangan, Problem Based Learning.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801030049
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak,M.Sc - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd - 19861029 201903 2 010 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA