Tanggung Jawab Hukum Terhadap Promosi Obat Herbal Dalam Media Sosial

Detail Cantuman

Tesis

Tanggung Jawab Hukum Terhadap Promosi Obat Herbal Dalam Media Sosial

XML

Beberapa orang perseorangan atau badan hukum yang memproduksi suatu makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dan kebutuhan lainnya, yang diedarkan kepada masyarakat melalui promosi dalam media sosial. Namun dalam proses distribusi mengunakan promosi, masih banyak produsen yang mempromosikan obat herbal dalam media sosial menguna kata atau kalimat yang berlebihan bahkan menyesatkan yang membuat konsumen tertarik tanpa memikirkan kerugian yang akan dialami oleh konsumen dikemudian hari. Oleh karena itu perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggung jawab hukum terhadap promosi obat herbal dalam media sosial berdasarkan Undang Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, bagaimana Tanggung jawab hukum terhadap promosi obat herbal dalam media sosial berdasarkan Undang Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan undang-undang yang berlaku dan berkaitan dengan tanggung jawab hukum terhadap promosi dalam media sosial yang menyestakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha produsen dan pelaku usaha periklanan harus bertanggung jawab terhadap promosi yang dilakukan dengan tidak mempunyai itikad baik dalam proses penjualan yang merugikan konsumen dengan dikenai sanksi perdata, pidana dan adminitrasi yaitu pidana penjara enam tahun dan atau denda satu miliar rupiah menurut undang undang informasi dan transaksi elektronik dan sanksi pidana penjara lima tahun dan atau denda dua miliar rupiah. Saran dari penelitian ini yaitu konsumen harus lebih berhati-hati dalam melihat dan membeli produk yang di promosikan dalam media sosial, pelaku usaha harus lebih menaati ketentuan yang berlaku dalam undang undang, perlu adanya sosialiasi dari pemerintah untuk promosi produk yang benar dan jujur serta pengawasan yang lebih ketat agar tidak tejadi lagi kerugian yang dialami oleh produsen.
Kata kunci: Tanggung Jawab Hukum, Promosi, media sosial


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
SINTHYA DANIEL - Personal Name
Student ID
2111040009
Dosen Pembimbing
DHEY WEGO TADEUS - 196310271989011001 - Dosen Pembimbing 1
Jeffry A. Ch. Likadja - 197709122006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dhey Wego Tadeus - 196310271989011001 - Ketua Penguji
DR. JEFFRY A. CH. LIKADJA, S.H., M.H - 197709122006041002 - Penguji 1
Orpa Juliana Nubatonis - 197507112005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Dhesy A. Kase - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 DAN T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA