Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Soka Bu'ahan di Desa Babulu Induk Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Soka Bu'ahan di Desa Babulu Induk Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

Budaya merupakan kebiasaan masyarakat yang terjadi secara turun temurun yang menjadi identitas dari suatu daerah. Keunikan budaya suatu daerah tertentu berpotensi adanya konsep matematika di dalamnya, salah satunya adalah budaya rumah adat. Hal yang menjembatani pendidikan dan budaya khususnya pendidikan matematika adalah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah dan filosofi rumah adat Soka Bu’ahan, mendeskripsikan etnomatematika, dan konsep matematika pada rumah adat Soka Bu’ahan serta mengembangkan perangkat pembelajaran berkaitan dengan konsep matematika yang ditemukan pada rumah adat Soka Bu’ahan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang dilaksanakan di Desa Babulu Induk, Kecamatan Kobalima-Malaka. Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang. Instrumen penelitian berupa peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada struktur rumah adat Soka Bu’ahan meliputi counting atau menghitung, locating atau melokalisisr, measuring atau mengukur, designing atau merancang, dan explaining atau menjelaskan. Dari aktivitas etnomatematika tersebut, maka diidentifikasikan konsep-konsep matematika didalamnya meliputi konsep membilang, perkalian, denah dan arah mata angin, pengukuran tidak baku, konsep geometri bangun datar, elips, kesebangunan, dan konsep persamaan garis lurus. Konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya rumah adat Soka Bu’ahan ini, dapat dikembangkan melalui rancangan perangkat pembelajaran yang bersesuaian dengan matematika sekolah.

Kata Kunci : Etnomatematika, Rumah Adat Soka Bu’ahan, Pembelajaran Matematika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Jurnalia Fahik - Personal Name
Student ID
1901030014
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Fah E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA