Identifikasikebutuhan Belajar Anak Dari Keluarga Nelayan Dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lamahala Kecamatan Adonar Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Identifikasikebutuhan Belajar Anak Dari Keluarga Nelayan Dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lamahala Kecamatan Adonar Timur)

XML

Nama: Nurbakati Tokan, judul: Identifikasi Kebutuhan Belajar Anak Dari Keluarga Nelayan DalamPerspektif Pendidikan Luar Sekolah (studi kasus pada masyarakat Desa Lamahala Kecamatan Adonara Timur), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Nusa Cendana Kupang, pembimbing 1: Mariana RD Ikun Pareira,M.Psi.,T.Psikolog, pembimbing 2: Abdul Syukur, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pandangan orangtua nelayan dan anak tentang kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan belajar seperti apa yang diinginkan oleh anak-anak nelayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan keluarga nelayan tentang kebutuhan pendidikan, dan mengidentifikasi kebutuhan belajar yang diinginkan oleh anak-anak nelayan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini di laksanakan di Desa Lamahala Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Desa Lamahala sangat mendukung adanya pendidikan, hal ini dibuktikan dengan pandangan masyarakat mengenai betapa pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anak, meskipun kekurangan dalam hal perekonomian tetapi orangtua berusaha untuk terus menyekolakan anakanaknya. Namun pada dasarnya anak-anak nelayan di Desa Lamahala tidak ada keinginan untuk melanjutkan sekolah nonformal atau suatu program untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, mereka hanya menginginkan sesuatu yang menjamin kehidupan mereka yaitu bekerja sebagai nelayan. Anak-anak disana belum membutuhkan pendidikan nonformal ataupun pelatihanpelatihan dan kursus, karena menurut mereka kegiatan seperti itu hanya membuang-buang waktu dan mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka. peneliti dapat memberikan saran yaitu membentuk suatu forum nelayan untuk menyalurkan aspirasi nelayan-nelayan muda sehingga bisa bekerja sama dengan pemerintah melalui berbagai program dan kebijakan. Kata Kunci: Kebutuhan Belajar Anak Nelayan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Nurbakati Tokan - Personal Name
Student ID
1501170043
Dosen Pembimbing
Mariana Ikun RD Pareira - 197601282009122001 - Dosen Pembimbing 1
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rongky Y. Famdale - 197604042008121001 - Ketua Penguji
Mariana Ikun R D M Pareira - 197601282009122001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Tok I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA