Skripsi
Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Berladang Masyarakat di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika
XMLMatematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika juga mempunyai peranan penting dalam berbagai budaya yang berbeda-beda tepatnya pada kebiasaan suatu kelompok masyarakat tentang tradisi masyarakat tersentu. Oleh karena itu, matematika dan budaya merupakan dua unsur penting dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya berladang masyarakat di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep matematika yang ditemukan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat pada tanggal 16 Januari sampai dengan 10 Juni 2023 dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri, yang berperan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika kemudian dihubungkan dengan konsep pembelajaran matematika sekolah dan dikembangkan pada perangkat pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Rehak Kecamatan Welak Kabupaten Manggarai Barat terdapat aktivitas-aktivitas matematika dalam kegiatan berladang seperti menghitung, mengukur, melokalisir, merancang, menjelaskan dan bermain. Adapun konsep matematika yang diperoleh berdasarkan keenam aktivitas tersebut yaitu penjumlahan, perkalian sebagai penjumlahan berulang, perbandingan, himpunan, barisan aritmatika, geometri, transformasi geometri, pengukuran dan Persamaan Linear Satu Variabel. Berbagai konsep matematika tersebut dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran matematika di sekolah. Dalam penelitian ini konsep geometri bangun datar pada aktivitas berladang dipilih untuk dirancang salah satu contoh perangkat pembelajaran.
Kata Kunci : Etnomatematika, Budaya Berladang dam Pemelajaran Matematika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Avila Nita - Personal Name
|
Student ID |
1901030068
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor |
Irna Karlina Sensiana Blegur, M.Pd - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Nit E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |