Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Berladang Masyarakat di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Berladang Masyarakat di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

Matematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika juga mempunyai peranan penting dalam berbagai budaya yang berbeda-beda tepatnya pada kebiasaan suatu kelompok masyarakat tentang tradisi masyarakat tersentu. Oleh karena itu, matematika dan budaya merupakan dua unsur penting dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya berladang masyarakat di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep matematika yang ditemukan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rehak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat pada tanggal 16 Januari sampai dengan 10 Juni 2023 dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri, yang berperan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika kemudian dihubungkan dengan konsep pembelajaran matematika sekolah dan dikembangkan pada perangkat pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Rehak Kecamatan Welak Kabupaten Manggarai Barat terdapat aktivitas-aktivitas matematika dalam kegiatan berladang seperti menghitung, mengukur, melokalisir, merancang, menjelaskan dan bermain. Adapun konsep matematika yang diperoleh berdasarkan keenam aktivitas tersebut yaitu penjumlahan, perkalian sebagai penjumlahan berulang, perbandingan, himpunan, barisan aritmatika, geometri, transformasi geometri, pengukuran dan Persamaan Linear Satu Variabel. Berbagai konsep matematika tersebut dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran matematika di sekolah. Dalam penelitian ini konsep geometri bangun datar pada aktivitas berladang dipilih untuk dirancang salah satu contoh perangkat pembelajaran.

Kata Kunci : Etnomatematika, Budaya Berladang dam Pemelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Avila Nita - Personal Name
Student ID
1901030068
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nit E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA