PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIT NAIONI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIT NAIONI KOTA KUPANG

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi panas dan perpindahannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT NAIONI Kota kupang?” dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang tema 6 subtema 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 teknik pengumpulan data, yakni teknik observasi dan teknik tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Naioni Kota Kupang yang terdiri dari 33 orang, dengan rincian 18 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualiatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT NAIONI Kota Kupang. Pada siklus I terdapat 23 siswa (69,70%) yang mendapat nilai ≥ 70, kemudian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 29 siswa (87,88%) yang mendapat nilai ≥70.Berdasarkan rangkaian kegiatan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas V SD GMIT NAIONI dapat diambil kesimpulan bahwa, Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD GMIT NAIONI pada materi panas dan pepindahannya telah berhasil diterapkan oleh peneliti dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901140182
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LOY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA