Skripsi
EFEKTIVITAS UPAYA PENYELESAIAN TUNGGAKAN IURAN BADAN USAHA OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG NUSA TENGGARA TIMUR
XMLPenelitian ini bertujuan untuk melihat atau mengkaji Efektivitas Upaya Penyelesaian Tunggakan Iuran Badan Usaha Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Nusa Tenggara Timur. Sebagai lembaga jaminan sosial milikpemerintah, yang dikelola berdasarkan iuran masyarakat, maka peserta BPJS juga harusmembayar iuran. Iuran BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah bayaran yang dibayarkan olehpara peserta yang terdata dalam BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat memperoleh perlindungakerja dengan risiko dari kecelakaan kerja, PHK atau pemberhentian, meninggal duniamaupun hari tua. Penelitian kualitatif ini menggunakan indikator pengukuran efektivitas yang dikemukakan oleh Lubis dan Husaini (1987:56) dalam mengukur tingkat efektivitas organisasi yaitu pada input, proses, dan output. Objek pada penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan cabang NTT dalam penyelesaian tunggakan iuran Badan usaha dengan informan yang diwawancarai berjumlah 6 (enam) orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan cabang NTT dalam penyelesaian tunggakan yang ada telah diupayakan secara maksimal mungkin untuk mengurangi jumlah tunggakan yang ada. Hasil penelitian ini dijabarkan dalam beberapa aspek,yaitu Aspek proses, pada aspek ini pelaksanakan upaya kerja sama dengan pihak lain seperti pihak KPKNL dan Kejaksaan Negeri kota Kupang telah membantu menyelesaikan tunggakan iuran yang ada sebesar 845 juta pada tahun 2021. Upaya penagihan langsung, pemberian sanksi serta pengadaan sosialisasi juga telah dilaksanakan secara teratur oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan dalam penyelesaian tunggakan iuran dibawah 6 bulan. Pada aspek Output, dari pelaksanaan upaya-upaya yang ada sebagian perusahaan membayar tunggakan iuran yang ada baik itu secara bertahap setelah melalui proses mediasi hingga pembayaran tunggakan dari proses pelelangan aset yang disita oleh pihak KPKNL. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pihak BPJS Ketenagakerjaaan Cabang NTT sudah berupaya melaksanakan 4 upaya penyelesaian tunggakan iuran Badan Usaha dengan pelsksanaan sosialisasi secara teratur, penagihan langsung yang rutin, serta pelaksanaan kerja sama dengan bantuan pihak KPKNL dan Kejaksaan yang telah menyelesaiakan tunggakan sebesar Rp 845 juta pada tahun 2021.
Kata Kunci : Efektivitas, Iuran, Tunggakan, BPJS Ketenagakerjaan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GREGORIUS DIAN PUTRA RUKUP - Personal Name
|
Student ID |
1803010172
|
Dosen Pembimbing |
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1 Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Ruk E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |