PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A SD INPRES FATUKOA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A SD INPRES FATUKOA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN

XML

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang terjadi di kelas III A SD Inpres Fatukoa berupa guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvesional dan belum menggunakan media yang sesuai sehingga hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III A SD Inpres Fatukoa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media blok pecahan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas III A SD Inpres Fatukoa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media blok pecahan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlokasi di SD Inpres Fatukoa. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa-siswi kelas IV SD Inpres Fatukoa yang berjumlah 31 orang dengan rincian 16 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pre test terdapat 4 orang siswa yang tuntas, siklus I terdapat 20 orang yang tuntas, hasil observasi siswa sebesar 72,51% dengan kategori baik, hasil observasi guru sebesar 78,57% dengan kategori baik dan ratarata hasil belajar siswa sebesar 74,36 dengan presentase ketuntasan sebesar 64,51% dengan kategori baik. Pada siklus II terdapat 28 orang yang tuntas, hasil observasi siswa sebesar 87,93%, hasil observasi guru 92,85% dan hasil belajar sebesar 85,94 dengan presentase ketuntasan 90,31% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media blok pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Kooperatif tipe STAD, blok pecahan dan Hasil belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Olivia Mariana Cardoso - Personal Name
Student ID
1901140158
Dosen Pembimbing
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 CAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA