Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V SDK Kada.

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V SDK Kada.

XML

Penelitan dengan judul pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi udara bersih bagi kesehatan di kelas V sekolah dasar katolik Kada kabupaten Malaka yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model pendekatan one-group pretest-posttest. Subjek ada penelitian ini sebanyak 16 siswa dari kelas V yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, sedangkan teknik analisis yang digunakan berupa analisis tes dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dari instrumen penelitian setiap soal valid karena nilai rhitung> rtabel dan reliabel karena nilai cronbach alpha 0,473 > 0,369 serta berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas, menunjukan bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada setiap aspek terdistribusi normal. Hasil deskriptif menunjukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,63 dan 65,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Discovery learning, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lusia Mau - Personal Name
Student ID
1801140057
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862,06 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA