PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD INPRES OEBUFU KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD INPRES OEBUFU KOTA KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang ekosistem dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SD Inpres Oebufu dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswaterhadap ekosistem dengan menggunakan model problem based learning di kelas V SD InpresOebufu. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi , tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni kuantitatif dan kualitatif dengan subjek 20 orang.Penilitian ini diadakan di SD Inpres Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang, dengan hasil penilitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 siswa sebanyak 12 siswa yang tuntas (60%) karena siswa memperhatikan penjalasan guru dengan baik, berkerja sama dengan teman kelompok, dan tidak menganggu teman lain. 8 siswa lainnya (40%) belum mencapai standar ketuntasan karena tidak memperhatikan penjelasan guru, menganggu teman saat belajar, dan tidak mau berkerja sama dengan teman kelompok. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus I yakni guru belum mampun memberikan penjelasan tentang materi ekosistem serta memberi contoh secara real, guru kurang mempersiapkan siswa dalam melakukan pengamatan dan guru juga belum nampak memberikan kesimpulan mengenai materi yang di pelajari. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, yakni dari 20 siswa terdapat 19 siswa tuntas (95%) karena selalu memperhatikan penjalasan guru dengan baik, bekerja sama dengan teman kelompok dan tidak menganggu teman. Sedangkan 1 siswa lainnya belum tuntas (5%) karena masih kurang memperhatikan penjalasan guru, menganggu teman saat belajar dan tidak mau bekerja sama dengan teman kelompok. Ada pun kelebihan guru pada siklus II yakni guru sudah mampu menguasai kelas, mengelola dan mengatur kegiatan pembelajaran dengan baik sesuai model problem based learning dalam pembelajaran.Berdarsakan hasil penilitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model problem based learning berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran tentang ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang di harapkan peneliti.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning Kata, Ekosistem, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Stakhis Apeles Toto - Personal Name
Student ID
1701140162
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 TOT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA