Skripsi
Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi Di Kelas IV SD Petra Alak Kota Kupang
XMLPenelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SD Petra Alak Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental desing secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, pemberian tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yang menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari rata-rata posttest sebesar 85,45 > dari rata-rata nilai pretest yaitu 32,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS versi 22 dilakukan dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SD Petra Alak Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NELCIDIANA KAUSE - Personal Name
|
Student ID |
1901140332
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KAU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |