Skripsi
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMP Reformasi Plus Noelbaki dan kurangnya kreativitas guru untuk merancang pembelajaran terkait dengan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki pada materi relasi dan fungsi melalui penerapan model Problem Based learning berbantuan video animasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan siklus I ke siklus II yaitu hasil belajar meningkat 38,09% menjad 90,48%. Keterlaksanaan observasi guru mengajar meningkat dari 66,67% menjadi 78,82%. Hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 83,03% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya model Problem Based learning berbantuan video animasi di SMP Reformasi Plus Noelbaki.
Kata kunci : Hasil belajar, problem based learning, video animasi, relasi dan fungsi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MEGA LITA A. LELLO - Personal Name
|
Student ID |
1801030066
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Irna K. S. Blegur - - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 LEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |