PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENGGUNAAN BENDA BERSIFAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS V SD INPRES LELEBE

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENGGUNAAN BENDA BERSIFAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS V SD INPRES LELEBE

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Tentang Penggunaan Benda Bersifat Konduktor Dan Isolator Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Lelebe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Lelebe Kabupaten Rote Ndao, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Lelebe tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 12 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil penelitian siklus I dengan rata-rata yang diperoleh (65,83) dengan kategori Kurang sedangkan persentase yang diperoleh (66,67%) dari 8 siswa yang mencapai KKM, dan (33,33%) dari 4 siswa yang belum mencapai KKM. Kemudian pada siklus II dengan rata-rata nilai yang diperoleh (81,67) dengan kategori Baik, dan persentase yang diperoleh (100%), yaitu 12 siswa atau seluruhnya mencapai KKM dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu (15,83) dan peningkatan persentase (33,33%). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA tentang penggunaan benda bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lelebe.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901140106
Dosen Pembimbing
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 MAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA