Pengaruh Dosis Pupuk Bokashi Kotoran Sapi Dan Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT ) Asal Lidah Buaya Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Inceptisol Serta Pertumbuhan Tanaman Cabai Besar (Capsicum annuum L.)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Dosis Pupuk Bokashi Kotoran Sapi Dan Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT ) Asal Lidah Buaya Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Inceptisol Serta Pertumbuhan Tanaman Cabai Besar (Capsicum annuum L.)

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan kelompok wanita tani Jeremiah, Desa Oeltua, Kabupaten Kupang dan di Laboratorium Kimia Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang berlangsung dari bulan Juni 2022 sampai dengan Desember 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh interaksi bokashi kotoran sapi dan zat pengatur tumbuh (ZPT) lidah buaya terhadap beberapa sifat kimia tanah Inceptisol serta pertumbuhan tanaman cabai besar. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial dua faktor menggunakan rancangan dasar Rancangan Acak Kelompok (RAK). Faktor pertama yang diuji adalah bokashi kotoran sapi yang terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa bokashi kotoran sapi, bokashi kotoran sapi 50 g dan bokashi kotoran sapi 100 g. Faktor kedua adalah zat pengatur tumbuh (ZPT) lidah buaya yang terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa ZPT, ZPT 50 ml dan ZPT 100 ml. Setiap unit percobaan diulang 3 kali sehingga total unit percobaan adalah 27 polybag. Data hasil percobaan dianalisis dengan sidik ragam dan apabila terdapat pengaruh yang nyata dari perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah C-organik tanah, pH tanah, N-total tanah, P-tersedia tanah, K-tersedia tanah, Tinggi Tanaman dan Berat Kering Biomassa Hasil penelitian menunjukan bahwa dosis bokashi kotoran sapi dan ZPT lidah buaya memberikan pengaruh interakasi yang tidak nyata terhadap C-organik tanah, N-total tanah, P-tersedia tanah dan Biomassa kering tanaman, namun memberikan pengaruh interaksi yang nyata terhadap tinggi tanaman dengan pertumbuhan tinggi tanaman terbaik adalah pada perlakuan 100 g bokashi kotoran sapi dan 100 ml ZPT lidah buaya. Faktor tunggal bokashi kotoran sapi dan ZPT lidah buaya tidak berpengaruh nyata terhadap C-organik dan N-total tanah, namun berpengaruh nyata terhadap P-tersedia tanah, Tinggi tanaman dan Biomassa kering tanaman. Kedepan, penelitian mengenai bokashi kotoran sapi dan ZPT lidah buaya perlu ditingkatkan dosisnya untuk mendapatkan dosis yang optimal pada tanaman cabai besar.
Kata kunci : bokashi kotoran sapi, Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) lidah buaya, cabai besar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DONI YUSAK NATONIS - Personal Name
Student ID
1804060397
Dosen Pembimbing
ANTHONIUS S J ADUTAE - 19621125198803100 - Dosen Pembimbing 1
Lily F. Ishaq - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Anthonius S J Adutae - 19621125198803100 - Ketua Penguji
Lily Fauziah Ishaq - 196710101993032003 - Penguji 1
I. N. Prijo Soetedjo - 196104201988101001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
Aggroteknologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 NAT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA