PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GMIT NAIONI KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GMIT NAIONI KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

XML

Skripsi Oleh Yiar Alekson Bauana, 1901140196, PGSD, 2023 dengan judul Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gmit Naioni Kecamatan Alak Kota Kupang. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gmit Naioni Kecamatan Alak Kota Kupang. Tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda. Teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi dan teknik tes, teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitafif dan kualitatif dengan mencari presentase dari data yang telah dikumpulkan dan kemudian diklarifikasikan kedalam rumusan yang telah ditetapkan.Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Naioni dengan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 32 orang yang tuntas 19 orang (59,37%). Keberhasilan dari 19 orang siswa karena dapat mengerjakan LKPD secara berkelompok dan menyelesaikan soal tes dengan baik. Hal ini karena guru mampu mengorganasir siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan 13 orang siswa tidak tuntas (40,62%) hal ini karena siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dalam kelas, tidak bekerja sama, belum memahami LKPD, dan tidak menyelesaikan soal tes dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor dari guru. Guru belum membimbing dengan baik, guru belum mengajar materi dengan baik dalam kelas, sehingga menyebabkan siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang telah disajikan oleh guru. Pada siklus II siswa yang tuntas 29 orang dengan presentase (90,62). karena siswa telah mengerjakan LKPD dengan baik, menguasai materi dan mengerjakan soal tes dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa pembelajaran IPA tentang sifatsifat benda menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningakatan nilai maksimal siswa pada siklus II yakni 90,62% dengan demikian penggunaan metode pembelajaran demonstrasi sangat efektif.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Yiar Alekson Bauana - Personal Name
Student ID
1901140196
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 BAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA