Skripsi
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GMIT NAIONI KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG
XML
Skripsi Oleh Yiar Alekson Bauana, 1901140196, PGSD, 2023 dengan judul Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gmit Naioni Kecamatan Alak Kota Kupang. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gmit Naioni Kecamatan Alak Kota Kupang. Tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda. Teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi dan teknik tes, teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitafif dan kualitatif dengan mencari presentase dari data yang telah dikumpulkan dan kemudian diklarifikasikan kedalam rumusan yang telah ditetapkan.Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Naioni dengan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 32 orang yang tuntas 19 orang (59,37%). Keberhasilan dari 19 orang siswa karena dapat mengerjakan LKPD secara berkelompok dan menyelesaikan soal tes dengan baik. Hal ini karena guru mampu mengorganasir siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan 13 orang siswa tidak tuntas (40,62%) hal ini karena siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dalam kelas, tidak bekerja sama, belum memahami LKPD, dan tidak menyelesaikan soal tes dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor dari guru. Guru belum membimbing dengan baik, guru belum mengajar materi dengan baik dalam kelas, sehingga menyebabkan siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang telah disajikan oleh guru. Pada siklus II siswa yang tuntas 29 orang dengan presentase (90,62). karena siswa telah mengerjakan LKPD dengan baik, menguasai materi dan mengerjakan soal tes dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa pembelajaran IPA tentang sifatsifat benda menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningakatan nilai maksimal siswa pada siklus II yakni 90,62% dengan demikian penggunaan metode pembelajaran demonstrasi sangat efektif.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Yiar Alekson Bauana - Personal Name
|
Student ID |
1901140196
|
Dosen Pembimbing |
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 BAU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |