Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMA Negeri 1

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMA Negeri 1

XML

Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Discovery Learning tehadap kreativitas siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Titehena. Telah dilaksanakan pada tanggal 16-31 januari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kreativitas siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Titehena. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksprimen menggunakn model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampel, dengan instrumen yang digunakan yaitu angket kreativitas siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil angket dari kedua kelas tersebut data ini pun dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t dengan didahulukan dengan uji prasyarat nomalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil perlakuan dari kedua kelas tersebut didapatkan nilai normalitas angket awal kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar (0,200 dan 0,94 > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas didapatkan nilai sebesar (0,58 > 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil angket kreativitas siswa awal dikelas eksperimen 46,05 dan kontrol 41,88 yang berada pada kategori kurang kreatif, sedangkan pada angket kreativitas siswa akhir kelas eksperimen rata-ratanya 59,21 yang berada pada kategori kreatif dan kelas kontrol 45,55 berada pada kategori kurang kreatif, didukung oleh hasil uji hipotesis yaitu t-test didapati hasil 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kreativitas siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 1 Titehena. Hal tersebut terjadi karena pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dimana pembelajarannya berpusat pada siswa dimana siswa yang terlibat langsung dibimbing untuk mencari dan menemukan sendiri materi atau jawaban yang sedang dipelajari sedangkan dikelas kontrol menggunakan model konvensional yang berpusat pada guru yang membuat siswa merasa bosan, jenuh dan tidak bersemangat dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Model Discovery Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MAGDALENA SUSANA - Personal Name
Student ID
1801040050
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 SUS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA