Skripsi
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD KATHOLIK YASWARI BENLUTU TAHUN 2022/2023
XMLPengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar ipa pada perubahanwujud benda kelas V SD Katholik Yaswari Benlutu” Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model Dicovery Learning terhadap hasil belajar Siswa materi perubahan wujud benda kelas V SD Katholik Yaswari Benlutu dengan tujuan untuk meningkatkan hasilbelajar peserta didik dalam pembelajaran tentang perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Palanggay yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel.
Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Katholik Yaswari Benlutu Kabupaten Timor
Tengah Selatan kelas V. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2- tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data Pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Discovery Learning terhadap hasil peserta didik pada materi Perubahan Wujud Benda di kelas V SD Katholik Yaswari Benlutu
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Agnes Magdalena Gokok - Personal Name
|
Student ID |
1901140178
|
Dosen Pembimbing |
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 GOK P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |