PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SD GMIT KELAISI KECAMATAN ALOR SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SD GMIT KELAISI KECAMATAN ALOR SELATAN

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di SD GMIT Kelaisi Kecamatan Alor Selatan Kabupaten Alor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPA mengenai perpindahan kalor Di Kelas V SD GMIT Kelaisi Kecamatan Alor Selatan kurang menggunakan metode eksperimen berupa penerapan metode discovery learning sehingga siswa lebih sulit memahami isi materi yang diberikan. Permasalahan diatas dapat diatasi dengan menerapkan metode eksperimen berupa penerapan model discovery learning. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan dari model discovery learning terhadap hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor di kelas V SD GMIT Kelaisi Kecamatan Alor Selatan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian jenis pre experimental design yaitu jenis one group pretest – posttest design. Metode penelitian Eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh Treatment tertentu (perlakuan) dalam kondisi yang terkontrol. Dalam penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen diberi perlakuan discovery learning sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan konvensional (metode ceramah). Pada awal dan akhir pembelajaran diberi test yang sama dan hasil test dari kelas kontrol maupun eksperimen dibandingkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD GMIT Kelaisi yang berjumlah 12 peserta didik. Penentuan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikanpeluangyangsamabagiunsur(anggota)populasiuntukdipilihmenjadianggotasampel.Instrumen yang digunakan dalam penelititian ini berupa Test. Bentuk tes yang diberikan berupa tes pilihan ganda. Sebelum instrumen ini digunakan, perlu dilakukan uji validitas,reabilitas,dayabedasoaldantingkatkesukaransoal. Pada saat perlakuan diberikan, dilakukan pengumpulan data. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar berupa penerapan model discovery learning. Hal ini dibuktikan dengan hasildariujihipotesisyaituternyata α = 0,05 lebih besar dari nilai sig atau (0,05 > 0,000), maka Ha diterima dan Ho ditolak

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Nofitri Awalia Nira - Personal Name
Student ID
1701140181
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 NIR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA