Demokratisasi Dalam Pelaksanaan Pembangunan (Studi Kasus Tentang Partisipasi Masyarakat Dan Implikasi Terhadap Proses Pembangunan Di Desa Gayak Dan Desa Nobo Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Demokratisasi Dalam Pelaksanaan Pembangunan (Studi Kasus Tentang Partisipasi Masyarakat Dan Implikasi Terhadap Proses Pembangunan Di Desa Gayak Dan Desa Nobo Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur)

XML

Dalam rangka pembangunan desa yang menyeluruh, terpadu dan terprogram, untuk mencapai sasaran dan tujuannya selain ditunjang oleh manajemen pemerintah desa yang baik, organisasi yang jelas juga sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat desa yang bersangkutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses demokratisasi dalam pelasksanaan pembangunan di Desa Gayak dan Desa Nobo, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur? (2) Bagaimanakah implikasi demokratisasi dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Gayak dan Desa Nobo, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur? Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, di mana cara mengumpulkan data terdiri dari wawancara, observasi studi pustaka. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan teknik editing, coding, tabulasi dan verifikasi data dan dianalisis menggunakan metode deskriptif yuridis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses demokratisasi pelaksanaan pembangunan di Desa Gayak dan Desa Nobo keikutsertaan masyarakat dalam proses pelaksanaan pembanguna mutlak diperlukan, keberhasilan pembanguna di desa di satu pihak membutuhkan tingkat demokratisasi yang tinggi. Di lain pihak proses pembangunan dapat memberikan kesempatan berdemokratisasi dalam menempatkan kekuatan dan sumber daya menjadi lebih dekat dan lebih jelas sehingga mudah diatur oleh pemerintah desa. (2) Implikasi demokratisasi pembangunan terhadap Desa Gayak seperti adanya peningkatan dan pola pikir kearah yang lebin baik, peningkatan kemampuan atau keahlian bekerja dan peningkatan kapasitas peran lembaga dalam pembanguna di desa. Implikasi demokratisasi pembangun terhadap Desa Nobo seperti tidak adanya peningkatan dan kemampuan bekerja dan peluang untuk meningkatkan pendapatan semakin rendah.
Kata Kunci: Proses Demokratisasi, Pelaksanaan Pembangunan, Implikasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YEREMIAS YULIUS AMA OLA - Personal Name
Student ID
1902010185
Dosen Pembimbing
Markus Y.Hage - 19650206 199003 1 002 - Dosen Pembimbing 1
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Markus Y.Hage - 19650206 199003 1 002 - Penguji 1
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 OLA D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA