Perancangan Rumah Susun Di Kecamatan Kota Raja Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Rumah Susun Di Kecamatan Kota Raja Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau

XML

Kota Kupang merupakan salah satu kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi di mana hal tersebut memberikan pengaruh yang positif dan negatif. Meninjau dampak negatifnya, terjadi persaingan untuk mendapatkan lapangan kerja yang menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran sehingga berdampak pada kenaikan tingkat kemiskinan, serta keterbatasan lahan terkait dengan kebutuhan tempat tinggal. Kebutuhan akan tempat tinggal ini dapat memicu terjadinya pembangunan rumah tak resmi khususnya pada masyarakat menengah ke bawah yang kemudian menimbulkan terbentuknya permukiman kumuh. Semakin banyaknya pembangunan di Kota Kupang juga berdampak pada berkurangnya ketersediaan lahan yang menyebabkan harga lahan menjadi lebih mahal. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah harga lahan yang berimbas pada susahnya penyediaan perumahan di perkotaan adalah dengan membangun model hunian vertikal berupa rumah susun. Pembangunan rumah susun bagi masyarakat menengah ke bawah khususnya karyawan (migran) yang membutuhkan tempat tinggal dan masyarakat yang tinggal pada rumah tidak layak huni dinilai merupakan cara paling efisien untuk memenuhi masalah akan kebutuhan tempat tinggal di perkotaan.
Perancangan rumah susun di Kecamatan Kota Raja ini akan menggunakan pendekatan arsitektur hijau sebagai solusi desain dalam menghadapi permasalah iklim yang ada di Kota Kupang. Melalui pendekatan arsitektur hijau maka akan menciptakan sebuah respon positif terhadap lokasi di mana bangunan akan didirikan.
Dengan menggunakan pendekatan arsitektur hijau, perancangan ini akan menghasilkan: 1) rumah susun dan penataannya yang mampu memanfaatkan sumber daya alam di sekitar tapak perancangan secara optimal; 2) material yang digunakan bersifat ramah lingkungan; 3) kenyamanan penghuni yang diperhatikan sebagai upaya untuk meminimalisir permasalahan iklim ke dalam hunian.
Kata kunci: Arsitektur hijau, Masyarakat menengah ke bawah, Rumah susun


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RANO ARDION S TAMONOB - Personal Name
Student ID
1806090020
Dosen Pembimbing
LINDA W FANGGIDAE - 197102272000122001 - Dosen Pembimbing 1
ROSVITAYATI UMBU NDAY - 198702252014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Theodora M. C. Tualaka - 199103212019032020 - Ketua Penguji
Linda W Fanggidae - 197102272000122001 - Penguji 1
Rosvitayati Umbu Nday - 198702252014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 TAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA